Minggu, 14 Februari 2016

HUKUM BERSUMPAH DENGAN MENGGUNAKAN MUSHAF AL QUR’AN

sumpah dengan Al Quran
HUKUM BERSUMPAH DENGAN MENGGUNAKAN MUSHAF AL QUR’AN DI ATAS KEPALA


Al-Qur’an ialah firman Allah (kalamullah) dan ia bukan ciptaan (Allah). Firman Allah yang suci itu merupakan satu sifat dari sifat-sifat-Nya. Al-Qur’an berfungsi sebagai alat pengikat hati seseorang agar tidak lari menuju kebohongan. Sebagai mana al-Qur’an berfungsi sebagai pagar yang akan menjaga seorang pejabat yang telah diambil sumpahnya dalam koridor kebenaran. Begitulah I’anatut Thalibin menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan sebuah kesunnahan.
ومن التغليظ أن يوضع المصحف فى حجره ويطلع له سورة براءة, ويقال له ضع يدك على ذلك ويقراء قوله تعالى "إن الذين يشترون... الأية
Diantara tata-cara memberatkan sumpah ialah dengan meletakkan mushaf di atas pangkuan dan di perlihatkan kepadanya surah Baro’ah lantas dikatakan kepadanya “letakkan tanganmu pada mushaf” kemudian dibacakan kepadanya ayat innalladzina yaystaruuna…”

Oleh kerana itu jumhur ulma, kecuali Abu Hanifah, berpendapat boleh bersumpah dengan al-Qur’an dan sumpah itu menjadi sah. Sementara itu tokoh Mazhab Hanafi yang mutakhir seperti Ibn al-Hamam dan al-Aini menguatkan pendapat jumhur membolehkan sumpah dengan al-Qur’an. (Demikian kenyataan Wahbah al-Zuhaili dalam) al-Fiqh al-Islam wa Adillatuh, jld. 3, ms. 379.
Seseorang yang bersumpah dengan mushaf al-Qur’an sementara yang dia maksudkan ialah perkataan Allah yang tertulis dalam mushaf itu, maka ia dibolehkan. Namun jika yang dia maksudkan ialah lembaran kertas yang tertulis (atasnya ayat al-Qur’an), maka ia tidak dibolehkan. Dan Allah sahaja yang lebih mengetahui.[Shahih Fiqh al-Sunnah, jld. 2, ms. 289-290]

Hal pertama yang harus kita fahami adalah bahwa sumpah tidaklah di anggap sebagai sebuah sumpah yang benar menurut syariat kecuali bersumpah dengan menggunakan nama Alloh atau sifat Alloh.Bersumpah dengan Al Qur’an termasuk sumpah dengan kalam Alloh Ta’ala yang mana itu termasuk salah satu sifat dari sifat-sifat Alloh Ta’ala, jika yang di maksudkan adalah dengan kalam atau firman Alloh yang ada di dalamnya. Maka itu termasuk sumpah yang masyru’ah (sesuai syariat). Namun jika yang di maksudkan adalah semata-mata bersumpah dengan mushaf nya (kertas dan pena), dan bukan dengan kalam yang ada di dalamnya maka ini termasuk sumpah dengan selain Alloh, dan ini termasuk kesyirikan. Sebagaimana sabda Nabi Shalallohu ‘alaihi wa Sallam :

مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ كَفَرَ أَوْ أَشْرَكَ

“Barang siapa bersumpah dengan selain Alloh maka ia telah berbuat syirik”. (HR Tirmidzi 1535, Abu Dawud 3251 dan di shahihkan oleh Syaikh Al Albani di dalam Shahih Tirmidzi.

Oleh karenanya yang lebih utama adalah seseorang tidak bersumpah dengan Mushaf Al Qur’an di karenakan di dalamnya ada dua kemungkinan, ia bersumpah dengan kalam Alloh yang ada di dalamnya atau semata-mata dengan mushaf nya, yaitu pena dan kertas yang ada di dalamnya. Dan cara sumpah dengan meletakkan tangan di atas mushaf, atau dengan diangkat di atas kepalanya sebagaimana yang lazim kita saksikan di Negeri ini adalah cara sumpah yang tidak pernah di contohkan oleh Nabi Shalallohu ‘alaihi wa Sallam dan para sahabat beliau, bahkan saat setelah mushaf itu di susun di dalam lembaran-lembaran seperti saat ini, tidak pernah ada dari kalangan sahabat yang bersumpah dengan cara seperti itu. Maka hal ini termasuk perkara baru dalam agama yang di ada-adakan.

Meskipun tidak kita pungkiri bahwa dalam salah satu putusan Majma’ Fiqih Islami (sebagaimana di nukil oleh Syaikh Shalih Munajjid dalam salah satu fatwa beliau di sini) membolehkan cara sumpah dengan meletakkan tangan di atas mushaf, jika memang Hakim melihat itu bisa menjadikan orang yang bersumpah tidak bermudah-mudahan melanggar sumpahnya.

Imam Nawawi radhiyAllahu 'anhu dalam karyanya, Raudhah al-Tolibeen  menyatakan :

واستحب الشافعي رحمه الله أن يقرأ على الحالف " إن الذين يشترون بعهد الله وأيمانهم ثمناً قليلا " الآية وأن يحضر المصحف ويوضع في حجر الحالف
Artinya : Imam Syafie rhm mensunatkan [supaya] dibaca kepada orang yang [akan] bersumpah [ayat 77 surah Ali Imran yang berbunyi] إن الذين يشترون بعهد الله وأيمانهم ثمناً قليلا dan [mensunatkan supaya] dibawa mushaf (al-Quran) dan diletakkan dalam dakapan orang yang [akan] bersumpah.

Ayat 77 surah Ali Imran secara lengkap berbunyi :

¨bÎ) tûïÏ%©!$# tbrçŽtIô±o ÏôgyèÎ/ «!$# öNÍkÈ]»yJ÷ƒr&ur $YYyJrO ¸xÎ=s% šÍ´¯»s9'ré& Ÿw t,»n=yz öNßgs9 Îû ÍotÅzFy$# Ÿwur ãNßgßJÏk=x6ムª!$# Ÿwur ãÝàZtƒ öNÍköŽs9Î) tPöqtƒ ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# Ÿwur óOÎgÅe2tムóOßgs9ur ëU#xtã ÒOŠÏ9r& ÇÐÐÈ    

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang mengutamakan keuntungan dunia yang sedikit, dengan menolak janji Allah dan mencabuli sumpah-sumpah mereka, mereka tidak akan mendapat bahagian yang baik pada hari akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka, dan tidak akan memandang mereka di hari kiamat, dan tidak akan membersihkan mereka [dari dosa], dan mereka pula akan beroleh azab seksa yang tidak terperi sakitnya.

Ringkasnya, menurut Imam Syafie r.a, dua perkara berikut sunat dilakukan terhadap orang yang akan melakukan sumpah :

1. Dibacakan kepadanya ayat 77 surah Ali Imran; dan
2. Diletakkan al-Quran dalam dakapannya.

Pengukuhan [sumpah dilakukan dengan] diletakkan mushaf dalam dakapannya (orang yang mau bersumpah), dan dibuka kepadanya surah al-Bara'ah (al-Taubah), dan dikatakan kepadanya, "letakkan tanganmu di atasnya (surah al-Taubah)", dan dibaca [kepadanya] firman [Allah] ta'ala [dalam surah Ali Imran, ayat 77 yang berbunyi] : إن الذين يشترون [hingga akhir ayat].

Ringkasnya, cara memperkukuhkan sumpah ialah :
1.      Meletakkan mushaf dalam dakapan orang yang mahu bersumpah;
2.      Disuruh orang yang mahu bersumpah meletakkan tangannya di atas surah al-Taubah; dan
3.      Dibaca kepadanya ayat 77 surah Ali Imran.

Secara Syar'i

1.      Bersumpah sambil mendakap al-Quran', adalah dibolehkan (hukumnya sunat). Ini kerana, tindakan ini dapat memperkukuhkan sumpah yang dilakukan. Oleh itu, bersumpah di hadapan al-Quran juga dibolehkan. Ini kerana, ia juga dapat memperkukuhkan sumpah. Memperkukuhkan sumpah dengan cara mendakap al-Quran (ketika bersumpah), bukanlah satu cara yang mengikat, dengan makna tidak boleh dilakukan cara yang lain. Buktinya, sesetengah ulama memperkukuhkan sumpah dengan menyuruh seseorang yang mahu bersumpah, meletakkan tangan di atas surah al-Taubah, seperti yang disebut dalam I'anah Tholibeen
2.      Meletakkan tangan di atas surah al-Taubah' ketika bersumpah, difatwakan sebagai harus. Oleh demikian, lebih utama 'meletakkan tangan di atas keseluruhan al-Quran' ketika bersumpah, dihukumkan harus.
3.      Berdasarkan kenyataan ulama-ulama mazhab Syafie r.a, boleh disimpulkan bahawa perbuatan 'menjunjung al-Quran ketika bersumpah', juga dibolehkan. Perbuatan ini sama dengan perbuatan 'mendakap al-Quran' atau 'meletakkan tangan di atas surah al-Taubah' ketika bersumpah. Iaitu sama dari segi memperkukuhkan sumpah. Manakala cara memperkukuhkan sumpah yang disebut dalam Raudhah al-Tolibeen dan I'anah al-Tolibeen seperti di atas, bukanlah satu cara yang mengikat. Kenyataan ini diperkukuhkan lagi oleh tindakan sesetengah tabi'een. Dalam Musannaf Abdul Razak, direkodkan seperti berikut :

عَن مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ ، قَالَ : كَانَ كَعْبُ بْنُ سُورٍ يُحَلِّفُ أَهْلَ الْكِتَابِ يَضَعُ عَلَى رَأْسِهِ الإِنْجِيلَ، ثُمَّ يَأْتِي بِهِ إِلَى الْمَذْبَحِ فَيَحْلِفُ بِاللَّهِ.
Diriwayatkan dari Muhammad Ibn Sireen (Ibn Sireen) [bahawa beliau] berkata, "[pernah] Ka'ab Ibn Suur [ketika] mengarahkan Ahli Kitab bersumpah, [beliau] meletakkan [kitab] Injil di atas kepalanya (Ahli Kitab), kemudian membawanya ke Mazbah (nama tempat), lalu dia (Ahli Kitab) bersumpah dengan [nama] Allah"
.
            Petikan ini merekodkan tindakan Ka'ab Ibn Suur meletakkan kitab Injil-kitab suci Ahli Kitab (Kristian)-di atas kepala Ahli Kitab tersebut ketika mengarahkannya bersumpah. Beliau melakukan sedemikian bagi memperkukuhkan sumpah. Jika sumpah Ahli Kitab boleh diperkukuhkan dengan cara meminta mereka menjunjung kitab suci mereka ketika bersumpah, maka sumpah penganut Islam juga boleh diperkukuhkan dengan cara meminta mereka menjunjung al-Quran ketika bersumpah.

Syaikh Utsaimin rahimahullah dalam salah satu fatwa beliau menyebutkan, jika yang dimaksudkan adalah Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam maka boleh. Sebabnya, karena Al-Qur'an merupakan kalamullah. Dan kalamullah adalah salah satu dari sifat-sifat-Nya. Sedangkan seluruh sifat-sifat Allah boleh digunakan bersumpah sebagaimana dibolehkan juga berlindung dengan sifat-sifat-Nya seperti dalam doa isti'adzah ketika mampir ke sebuah tempat,
أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang telah diciptakan-Nya." (HR. Muslim dari Haulah binti Hakim)

Bersumpah dengan sifat-sifat Allah kedudukannya seperti bersumpah dengan dzat-Nya. Seperti yang disebutkan dalam Shahih Muslim tentang perkataan Neraka, "Cukup, cukup, wa 'izzatika (Demi keagungan-Mua). Dan ini adalah bentuk sumpah dengan sifat. Dan di antara sifat Allah adalah Al-Qur'an. Maka bersumpah Wal Qur'an (demi Al-Qur'an) adalah diperbolehkan. (Disarikan dari perkataan Syaikh Mahir bin Dhafir al-Qahthani hafidzahullah).
Sedangkan bersumpah dengan mushaf, tidak  diperbolehkan. Bersumpah dengannya termasuk syirik karena mushaf adalah kumpulan dari kertas dan tinta. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang ingin bersumpah, maka hendaknya dia bersumpah dengan nama Allah atau lebih biak diam." (HR. Al-Bukhari no. 3836)

Tidak boleh pula dia bersumpah dengan menyebut, "Wa Rabbil Qur'an (Demi Tuhan/Penciptanya Al-Qur'an)," karena Al-Qur'an itu bukan makhluk yang diciptakan. Bagaimana kalau mengucapkan, "Wa Rabbil Mushaf"? Juga tidak diperbolehkan karena kalimat tersebut mengandung makna yang berbilang, antara benar dan salah. Karenanya para ulama salaf mengingkari ucapan, "lafadz bacaaanku dari Al-Qur'an adalah makhluk.

Pendapat yang lain tentang Bersumpah Dengan Meletakkan Tangan di Atas Mushaf

Sesungguhnya bersumpah dengan mushaf Al-Qur'an untuk menguatkan sumpahnya adalah tata cara sumpah yang tidak ditemukan dasarnya dari Sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan tidak disyariatkan. (Dinukil dari Fatawa Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Nuur 'ala al-Darb, hal. 43)
Dalam kitab al-Sunan wa al Mubtadi'aat fi al-'Ibaadaat, Amru Abdul Mun'im Salim menyebutkan bahwa meletakkan tangan di atas mushaf ketika bersumpah termasuk adat dan tradisi Nashrani dalam memberikan kesaksian, pengadilan, dan persidangan. Mereka meletakkan tangan di atas Injil lalu bersumpah akan berkata yang benar. Sementara kita diperintahkan agar menyelisihi mereka, tidak boleh ikut-ikutan cara hidup mereka. Kita dilarang menyerupai cara hidup mereka sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. 
Sementara keyakinan mereka bahwa orang yang bersumpah dengan meletakkan tangan di atas mushaf tadi lalu ia berbohong, maka akan buta dan lumpuh, hanya mitos semata. sebuah keyakinan tanpa dasar dan bukti yang muncul dari kejahilan mereka yang sangat lucu.
Memang benar bahwa bersumpah palsu atau dusta adalah dosa besar yang mengharuskan pelakunya bertaubat kepada Allah. Terlebih lagi kalau hal itu dilakukan dengan menggunakan Al-Qur'an. Karenanya ada sebagian ahli ilmu menyebutkan, "Ini adalah sumpah yang menenggelamkan, yakni menenggelamkan pelakunya ke dalam dosa lalu menenggelamkan dirinya di dalam neraka." (Lihat: Fatawa Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Nuur 'ala al-Darb, hal. 43)

Kesimpulan 

1.     Amalan bersumpah di hadapan al-Quran, atau bersumpah sambil meletakkan tangan di atas al-Quran atau menjunjungnya, adalah harus. Ini berdasarkan kenyataan-kenyataan para ulama mazhab Syafie yang muktabar.
2.     Amalan ini tidak boleh dianggap sebagai menyerupai amalan orang Kristian (yang meletakkan tangan di atas kitab Injil ketika bersumpah). Bukan juga amalan bid'ah, atau amalan yang boleh disifatkan sebagai 'tiada dalam Islam'.

Wallahu A'lamu Bisshawaab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar